KASUS
:
v
Pertamina Dan Pendidikan
Sebagai komitmen perusahaan untuk turut meningkatkan
kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan untuk peningkatan akses
komunitas terhadap pendidikan di tanah air, CSR Pertamina bidang Pendidikan
melaksanakan sejumlah program antara lain meliputi:
Ø Olimpiade Sains Tingkat Perguruan Tinggi (OSN-PTI)
2011
Merupakan program yang memiliki potensi dan kontribusi
dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini untuk
mendorong mahasiswa yang mendalami bidang matematikan, fisika, kimia dan
biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya. OSN-PTI 2011 yang
diprakarsai oleh Pertamina ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan
terhadap pendidikan di Indonesia melalui program corporate social
responsibility (CSR). Untuk lebih jelasnya silahkan anda klik link www.osnpertamina.com
Ø Pertamina Scholarship (Beasiswa)
Diberikan kepada 1.450 Siswa di Jabodetabek, 300
mahasiswa diploma di Padang, Palembang, dan Solo, Beasiswa S-2 untuk 25 PNS
Non-Dosen, dan 25 pegawai DESDM, Beasiswa 10 Siswa terbaik untuk menempuh
pendidikan tinggi di ITB, S2 Luar Negeri, dan Beasiswa untuk 100 Siswa
Madrasah.
Ø Pertamina Youth Program - PYP (Edukasi
Stakeholder muda)
Program
edukasi dan pengenalan bisnis migas sekaligus motivasi generasi muda untuk
peningkatan awareness yang baik terhadap energy, cinta produk dan asset bangsa,
serta bisnis akrab lingkungan yang berkelanjutan. PYP 2009 dilaksanakan di
Cilacap, Balikpapan dan Manado.
TEORI :
CSR (Corporate
Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan
oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun
lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu
kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga
lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana
untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas
masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya
masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate
Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang
digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR dimulai
sejak era dimana kesadaran akansustainability perusahaan jangka panjang
adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.
Kegiatan CSR akan menjamin keberlanjutan bisnis yang
dilakukan. Hal ini disebabkan karena :
1. Menurunnya gangguan social
yang sering terjadi akibat pencemaran lingkungan, bahkan dapat menumbuh
kembangkan dukungan atau pembelaan masyarakat setempat.
2. Terjaminnya pasokan bahan
baku secara berkelanjutan untuk jangka panjang.
3. Tambahan keuntungan dari
unit bisnis baru, yang semula merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh
korporat.
Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:
1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal
perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan
wilayah kerja perusahaan.
3. Pemeliharaan hubungan relasional antara
korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering
mengundang kerentanan konflik.
4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik,
social serta budaya.
1.Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan
kelestarian lingkungan.
2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di
daerah tersebut.
3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
4. Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat
yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat
yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:
1. Meningkatkan
citra perusahaan.
2. Mengembangkan
kerja sama dengan perusahaan lain.
3. Memperkuat brand
merk perusahaan dimata masyarakat.
4. Membedakan
perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5. Memberikan
inovasi bagi perusahaan
ANALISIS :
Menurut saya CSR adalah kewajiban setiap perusahaaan
kepada masyarakat maupun lingkungan.CSR sangat penting bagi perusahaan,karena :
1. Meningkatkan
citra perusahaan.
2. Mengembangkan
kerja sama dengan perusahaan lain.
3. Memperkuat brand
merk perusahaan dimata masyarakat.
4. Membedakan
perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
5. Memberikan
inovasi bagi perusahaan
Dan CSR juga bermanfaat bagi masyarakat,karena :
1. Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan
kelestarian lingkungan.
2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di
daerah tersebut.
3. Meningkatnya
pemeliharaan fasilitas umum.
4. Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat
yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat
yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Oleh karena itu,CSR seperti simbiosis mutualisme
antara perusahaan dengan masyarakat.Karena hubungan tersebut membawa keuntungan
bagi perusahaan dan juga keuntungan bagi masyarakat.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar